PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN & SERAH TERIMA JABATAN KPN BREBES

25 Jan

Senin, 22 Januari 2018. Pengadilan Tinggi Jawa Tengah melaksanakan sidang luar biasa Pengambilan Sumpah, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua Pengadilan Negeri Brebes. Sidang luar biasa ini dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H.. Adalah Bapak Edy Saputra Pelawi, S.H., M.H. yang sebelumnya menjabat Ketua Pengadilan Negeri Limboto dilantik menjadi Ketua Pengadilan Negeri Brebes menggantikan Bapak Darius Naftali, S.H., M.H. yang mendapat promosi menjadi Ketua Pengadilan Negeri Tuban.

Dalam sambutannya, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H. menyampaikan selamat kepada bapak Deny Saputra Palawi, S.H., M.H. yg telah diambil sumpahnya demikian juga kepada keluarga. Menjadi Ketua Pengadilan Negeri Brebes yg baru adalah amanat dan saya mengucapkan selamat bertugas. Beliau juga menyampaikan selamat kepada Bapak Darius Naftali, S.H., M.H. beserta ibu yg telah dipercaya menjadi Ketua Pengadilan Negeri Tuban, Jawa Timur. Beliau (Bapak Darius Naftali, S.H., M.H.) sudah memimpin Pengadilan Negeri Brebes dengan baik dan mampu meraih akreditasi A. Kiranya apa yg telah diraih bisa di implementasikan di Pengadilan Negeri yang baru. Saya juga sampaikan terimakasih telah menjalankan tugas dan tanggung jawab di Pengadilan Negeri Brebes. Saudara adalah yg terakhir disumpah pada periode TPM terakhir. Namun begitu saudara jangan berkecil hati. Saudara saya minta sebagai Ketua Pengadilan Negeri yg baru dapat melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh pejabat lama. Saudara termasuk yg beruntung karena di tempat baru sudah terakreditasi. Saya minta saudara mempertahankan apa yang telah diraih PN Brebes, saudara saya minta melaksanakan koorsinasi yg baik. Bahwa setiap pelantikan Ketua Pengadilan Negeri saya sampaikan ada "Program 50 hari Kerja" setelah dilantik . Pertama 20 hari kerja mengenal medan permasalahan dan diidentifikasi . 20 hari kedua mensosialisasikan atas permasalahan-permasalahan dan tantangan serta dilaksanakan. 10 hari terakhir dilakukan evaluasi apa yg telah dilakukan. Saudara melaksanakan koordinasi dengan hakim untuk melaksanakan pengawasan yg dilakukan secara terus menerus. Setiap triwulan dilaporkan hasil pengawasan dan kemudian ditindaklanjuti.

ASSESMENT AKREDITASI PT JAWA TENGAH

22 Jan

Jumat 19 Januari 2018. Pengadilan Tinggi Jawa Tengah mendapatkan kunjungan tamu dari Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum guna mrlaksanakan assesment. Kunjungan ini dilaksanakan secara mendadak dari Tim Akreditasi Badilum. Bertindak selaku pimpinan tim Bapak Dr. Haswandi, S.H., S.E., M.Hum.. Assesment ini dimulai dengan Opening Meeting di Aula PT Jawa Tengah. Sambutan dari Pengadilan Tinggi disampaikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jateng Bapak Dr.Nommy HT.Siahaan, S.H., M.H dan dari tim TAPM Badilum disampaikan oleh Bapak Dr. Haswandi, S.H., S.E., M.Hum.. dalam acara ini juga dilaksanakan penandatanganan MOU tentang pelaksanaan Asesment Akreditasi Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. Setelah acara selesai Tim Assesor dari Dirjend Badilum langsung melaksanakan Assesment.

Di tengah pelaksanaan Assessment oleh TAPM Dirjend Badilum, Pengadilan Tinggi Jateng mendapat tamu istimewa yaitu Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Bapak Dr. H. Herry Swantoro, S.H., M.H. beliau langsung melaksanakan sidak keliling kantor dan melaksanakan pemeriksaan serta pembinaan baik di bagian teknis Perkara maupun di bagian Kesekretariatan. Kedatangan beliau yang secara tiba-tiba membuat terkejut para Hakim dan Pegawai Pengadilan Tinggi Jawa Tengah yang sedang melaksanakan assesment. Setelah selesai melaksanakan pembinaan beliau mrlanjutkan perjalanan kembali ke Satuan Kerja yang lain.

Sementara itu assesment oleh Tim TAPM Dirjend Badilum terus berjalan. Bagian demi bagian mulai dari Top Manager sampai Manager Representative, Documen Control, Auditor Internal dan bagian lain mendapat giliran assesment dari assesor TAPM. Setelah selesai melaksanakan assesment, assesor TAPM Dirjend Badilum menyusun hasil Assesment. Hasil assesment disampaikan oleh TAPM Dirjend Badilum dalam Closing Meeting atau rapat penutupan. Hasil temuan assesor TAPM dalam waktu yang tidak terlalu lama harus ditindaklanjuti oleh Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. Closing meeting akhirnya ditutup dengan harapan kiranya akreditasi A (excellent) yang telah dicapai oleh PT Jawa Tengah dapat dipertahankan.

as1111

as2222

 

PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN & SERAH TERIMA JABATAN KETUA PENGADILAN NEGERI SALATIGA

15 Jan

Semarang, 11 Januari 2018. Pengadilan Tinggi Jawa Tengah melaksanakan Sidang Luar Biasa Pengambilan Sumpah, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua Pengadilan Negeri Salatiga. Adalah Ibu Hj. Widarti, S.H., M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Lamongan dilantik menjadi Ketua Pengadilan Negeri Salatiga. Serah terima jabatan dilakukan dengan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Salatiga Bapak Akbar Isnanto, S.H., M.Hum dimana Ketua yang terdahulu sudah melaksanakan tugas di tempat baru dan telah menyerahkan tugas dan tanggungjawab Ketua Pengadilan Negeri Salatiga kepada Wakilnya. Ketua Pengadilan Negeri Salatiga terdahulu Bapak Salman Alfaris, S.H. menduduki jabatan baru sebagai Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Sidang Luar Biasa ini dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H.. Acara ini berjalan dengan tertib dan lancar tanpa hambatan suatu apa pun.

kpnsala31 

sala32

sala33

sala34

UPACARA PERINGATAN HARI IBU KE-89 TAHUN 2017

22 Des

Hari ini, Jumat 22 Desember 2017 Pengadilan Tinggi Jawa Tengah melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari Ibu ke-89. Upacara dilaksanakan di halaman kantor Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dan diikuti oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. Berindak sebagai inspektur upacara, Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H.. Rangkaian upacara antara lain Pengibaran sang saka merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan naskah pancasila, pembacaan naskah pembukaan UUD 1945, pembacaan sejah singkat hari Ibu, menyanyikan hymne hari Ibu, Amanat pembina upacara, menyanyikan mars hari Ibu dan pembacaan doa.
Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H. mengucapkan selamat hari Ibu kepada Hakim dan Pegawai Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. Setelah itu beliau menyampaikan Sambutan Menteri Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia pada Upacara Bendera Memperingati Hari Ibu ke-89 Tahun 2017. Sambutan tersebut antara lain berisi:

  1. Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta.
  2. Momentum Hari Ibu juga dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi kita semua, tentang berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan. Perjalanan panjang selama 89 tahun, telah mengantarkan berbagai keberhasilan bagi kaum perempuan dan kaum laki-laki dalam menghadapi berbagai tantangan global dan multidimensi, khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia.
  3. Arti penting lainnya dari PHI adalah upaya untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesi, terutama generasi penerus bangsa agar mempertebal tekad dan semangat untuk Bersamasama melanjutkan dan mengisi pembangunan, dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan.
  4. PHI ke-89 Tahun 2017 mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”, dan sub tema:
    Meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan menuju perempuan mandiri, sejahtera dan bebas dari kekerasan;
    Peningkatan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang (kesehatan, ekonomi, pendidikan, kehidupan keluarga, kehidupan bermasyarakat dan kuat dalam menyikapi perbedaan budaya).
  5. Pada kesempatan PHI ke-89 ini, kami juga ingin menyampaikan bahwa pelibatan dan peningkatan peran kaum laki-laki dan keluarga dalam pembangunan, juga menjadi bagian yang penting dalam rangka penghapusan segala bentuk diskriminasi dan tindak kekerasan lainnya, serta berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa
  6. Akhirnya, kami mengajak semua perempuan untuk maju terus, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya, sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa.

PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA KPN

13 Des

Semarang, 11 Desember 2017. Pengadilan Tinggi Jawa Tengah melaksanakan Pengambilan Sumpah, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua 8 Pengadilan Negeri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H.. 8 Pengadilan Negeri Tersebut adalah Pengadilan Negeri Surakarta, Pengadilan Negeri Klaten, Pengadilan Negeri Sukoharjo, Pengadilan Negeri Pati, Pengadilan Negeri Cilacap, Pengadilan Negeri Magelang, Pengadilan Negeri Blora dan Pengadilan Negeri Karanganyar.

Dalam sambutanya beliau menyampaikan selamat kepada para Ketua Pengadilan Negeri yang baru dilantik dan juga selamat kepada para Ketua Pengadilan Negeri yang lama yang sudah mendapat promosi di tempat yang baru sekaligus juga menyampaikan terimakasi atas pelayananannya sebagai pimpinan yang mengendalikan manajemen Pengadilan dengan baik. Sebagaimana beliau melakukan pelantikan Ketua Pengadilan Negeri selalu menekankan "program 50 hari setelah dilantik" sebagai langkah pengendalian manajemen demi kontinuitas dan eskalasi mutu tupoksi dan kinerja dilingkungan Pengadilan yang dipimpin. 50 hari tersebut diurai dalam 3 tahap yaitu:
Pada 20 hari pertama : Saudara mengenal medan kerja secara komperhensif, mengidentifikasi karakteristik masalah sekaligus menginventarisir masalah-masalah/ hambatan dan tantangan-tantangan. Analisis SWOT secara jeli dibutuhkan disini. Kemudian menetapkan solusi-solusi dan langkah-langkah sebagai suatu program kerja riil baik secara jangka pendek maupun jangka panjang.
Pada 20 hari kedua : adalah mensosialisasikan tahapan solusi dan langkah-langkah kerja. Kemudian menindaklanjuti solusi sebagai rencana aksi atau langkah-langkah kerja tersebut sebagai jajaran guna direalisasikan kepada semua jajaran, bidang atau perbagian.
10 hari terakhir : evaluasi dan pemulusan rencana aksi atau program kerja.
Program 50 hari ini harus dilaporkan kepada Ketua Pengadilan Tinggi dan selama program ini berlangsung Hakim Tinggi Pengawas masing-masing secara intensif melakukan pantauan bahkan supervisi. Beliau juga menyampaikan bahwa selama ini perhatian warga Pengadilan masih tetap berfokus pada masalah pengawasan. Pengawasan hendaknya dilaksanakan secara terus menerus tanpa putus terhadap pola + bidang-bidang kerja yang telah ditetapkan. Dalam bidang akreditasi, sebanyak 36 Satker di wilayah Pengadilan Tinggi Jawa Tengah sebanyak 35 Pengadilan Negeri telah mendapat akreditasi. 29 Pengadilan Negeri mendapat akreditasi A, 6 Pengadilan Negeri mendapat akreditasi B dan 1 Pengadilan Negeri yang belum mendapat akreditasi.

Acara ini dilaksanakan di Aula Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dimulai pukul 10.00 WIB s.d. Selesai dan berjalan dengan lancar.