RAPAT KOMITE KEPUTUSAN AKREDITASI (KEKA) PENGADILAN TINGGI JAWA TENGAH

06 Jun

Pengadilan Tinggi Jawa Tengah melaksanakan Rapat Komite Keputusan Akreditasi (KEKA) yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H.. Rapat ini berlangsung selama 3 Hari yaitu pada tanggal 30 - 31 Mei 2018 dan dilanjutkan tanggal 4 Juni 2018. Rapat ini membahas hasil assesmen yang telah dilakukan di 35 Pengadilan Negeri di wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jawa Tengah yang dilaksanakan oleh Tim Assesor serta memberikan penilaian akreditasi bagi Pengadilan Negeri Kelas II dan Kelas IB. Bagi Pengadilan Negeri kelas IA dan IA Khusus kewenangan untuk memberikan penilaian ada di Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum namun Pengadilan Tinggi Jawa Tengah mempunyai kewenangan untuk memberikan rekomendasi kepada Dirjend Badilum. Hasil Rapat KEKA Pengadilan Tinggi Jawa Tengah ini nantinya akan dibawa ke Rapat KEKA Direktorat Jenderal Badilum.

 

WhatsApp Image 2018 06 05 at 8.50.48 AM

WhatsApp Image 2018 06 05 at 8.50.51 AM

keka3

keka2

UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

04 Jun

Jumat, 1 Juni 2018. Bertempat di halaman Kantor Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dilaksanakan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila sesuai dengan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI No. 318/SEK/KS.00/05/2018 tanggal 30 Mei 2018 Perihal Upacara Bendera Dalam Rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018. Bertindak sebagai pembina upacara yaitu Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H.. Dalam amanatnya beliau membacakan Sambutan Presiden RI dalam dalam rangka Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018 yang antara lain isinya sebagai berikut:

Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh ditengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi. Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya meyampaikan terimakasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada para founding fathers atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila yang kita nikmati saat ini.

Upacara ini diikuti oleh Seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dan berlangsung dengan khidmat.

 harlah1

harlah2

harlah3

harlah4

PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN PEJABAT STRUKTURAL PENGADILAN TINGGI JATENG

01 Jun

Semarang, 30 Mei 2018. Bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dilaksanakan Upacara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Struktural Pengadilan Tinggi Jawa Tengah yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H.. Pejabat Struktural  yang dilantik adalah:

  1. Yani Setia Wardani, S.E., S.H., dilantik menjadi Kepala Sub Bagian Rencana Program dan Anggaran Pengadilan Tinggi Jawa Tengah sebelumnya staf Sub Bagian Rencana Program dan Anggaran;
  2. Arif Setiadi, S.E., Ak., M.A., dilantik menjadi Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan TI Pengadilan Tinggi Jawa Tengah sebelumnya Staf Sub BagianKepegawaian dan TI;
  3. Rangga Dwi Wiguna, S.E., Ak., M.Hum. dilantik menjadi Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga Pengadilan Tinggi Jawa Tengah sebelumnya Staf Sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga;

Berdasarkan Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 225/SEK/SK/KP.1/SK/V/2018 tanggal 7 Mei 2018 tentang Promosi dan Mutasi Pejabat Struktural Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung. Urutan acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan ini antara lain Pembacaan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI, Pengambilan Sumpah, Penanda tanganan Berita Acara Sumpah, Pembacaan Pakta Integritas, Pelantikan dan Sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. Dalam sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H., menyampaikan bahwa Jabatan itu adalah amanah, maka harus dijalankan dengan penuh tanggungjawab. Apa yang menjadi tanggungjawab dan tugas harus dilaksanakan dengan baik. Karena jabatan itu adalah amanah dan kepercayaan maka tingkah laku dalam lingkup jabatan dan kehidupan sehari-hari harus dipelihara dengan baik serta jangan disalahgunakan. Anak buah adalah rekan kerja terpenting, oleh karena itu bawahan harus diajak berdiskusi dalam memecahkan persoalan/ masalah. Ingat bahwa bawahan itu bukan objek yang harus melayani dan tunduk kepada kita. Saya minta kepada Saudara untuk rendah hati dan menghindari kecongkakan.

Acara ini dimulai pukul 08.00 WIB dan berljalan dengan lancar.

 pelantikan struk1

pelantikan struk3

pelantikan struk4

pelantikan struk2

pelantikan struk5

pelantikan struk6

SIDAK KETUA PENGADILAN TINGGI JAWA TENGAH DI PN KLATEN

31 Mei

Klaten, 28 Mei 2018. Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tangah, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H. melaksanakan sidak di Pengadilan Negeri Klaten. Sidak ini dilaksanakan sebagai implementasi pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi pengawasan Pengadilan Tinggi Jawa Tengah bagi Pengadilan Negeri yang berada di wilayah Hukumnya. Dalam sidak ini ditemukan bahwa Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Klaten tidak ada yang mangkir dan masih tetap konsisten melaksanakan pelayanan kepada Masyarakat meskipun hari ini adalah hari diantara dua hari libur atau biasa disebut hari"Kejepit".

IMG 20180531 WA0001

IMG 20180531 WA0005

IMG 20180531 WA0004

IMG 20180531 WA0000

IMG 20180531 WA0003

UPACARA PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL TAHUN 2018

23 Mei

Semarang, 21 Mei 2018. Pengadilan Tinggi Jawa Tengah menyelenggarakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional Tahun 2018. Upacara ini diikuti oleh Seluruh Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan Fungsional serta Karyawan/ Karyawati Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H.. Dalam amanatnya beliau menyampaikan Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika pada Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-110 Tahun 2018. Isi sambutan tersebut kurang lebih sebagai berikut:

Bersatu, adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia namun pada saat yang sama tantangan yang mahakuat menghadang didepan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utam kemerdekaan. Tema "Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital" dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2018, harus dimaknai dengan upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh Pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri. Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia. Bapak Presiden Joko WIdodo dalam berbagai kesempatan selalu mendorong dunia pendidikan, bekerja sama dengan industri dan bisnis, untuk mencari terobosan-terobosan baru dalam pendidikan vokasi. Jurusan-jurusan baru, baik di tingkat pendidikan tinggi maupun juga di tingkat menengah, yang berkaitan dengan keahlian dan ilmu terapan, harus selalu diciptakan untuk memasok industri akan tenaga terampil yang siap kerja. "Generasi Bonus Demografi" yang kebetulan juga beririsan dengan "Generasi Milenial" kita tersebut, pada saat yang sama, juga terpapar oleh massifnya perkembangan teknologi, terutama teknologi digital. Digitaisasi diberbagai bidang ini juga membuka jendela peluang dan ancaman yang sama. Ia akan menjadi ancaman jika hanya pasif menjadi pengguna dan pasar, namun akan menjadi berkah jika kita mampu menaklukkannya menjadi pemain yang menentukan lansekap ekonomi berbasis digital dunia. Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-110. Mari kita maknai peringatan tahun ini dilingkungan kita masing-masing, sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang.

Upacara bendera ini dilaksanakan di Halaman Kantor Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dan berlangsung dengan khidmat.

kebangkitan1

kebangkitan3

kebangkitan4

kebangkitan5