PERESMIAN PTSP PENGADILAN NEGERI SE-JAWA TENGAH

23 Mei

Klaten, 11 Mei 2018. Pembuatan/ Penerapan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) di Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dan 35 Pengadilan Negeri se Jawa Tengah didasarkan kepada SK Dirjend Badilum No. 77/DJU/SK/HM02.3/2/2018 tanggal 26 Februari 2018 sebagai bagian tidak terpisahkan dari reformasi birokrasi menyeluruh di tubuh MA dan Jajarannya, tidak terkecuali wilayah hukum Pengadilan Tinggi Jawa Tengah ini, dengan satu tujuan yakni terwujudnya Peradilan Yang Agung (Court Excelent) sebagai visi MA yang ditetapkan tahun 2010.

Ditunjuknya Pengadilan Negeri Klaten menjadi tuan rumah peresmian PTSP terkait dengan latar belakang PN Klaten yang memposisikan diri dalam kinerjanya yang aktif mengadopsi pembaharuan, termasuk mengaplikasi kebijakan - kebijakan reformasi birokrasi Mahkamah Agung.

Dilatarbelakangi keluarnya Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI No. 1586/DJU/SK/PS01/9/2015 tentang Pedoman Standar Pelayanan Pemberian Informasi Publik untuk masyarakat pencari keadilan dan Standar Meja Informasi di Pengadilan, PN Klaten dengan cepat menerapkan pelayanan publik dengan membuat format pelayanan-pelayanan teknis dan kesekretariatan yang ada secara terpadu dengan konsep One Stop Service.

Ternyata pola pelayanan ini diapresiasi oleh pimpinan MA termasuk Bapak Dirjend Badilum yang selalu mendorong kemajuan pola pelayanan tersebut bahkan lebih jauh dalam setiap kunjungan kerja beliau ke PN-PN di Jawa Tengah meminta untuk membuat pola pelayanan terpadu (One Stop Service System).

Hadir dalam acara ini Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum MA RI, Bapak Dr. H. Herri Swantoro, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H., Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Negeri Se Jawa Tengah.

ptsp1

ptsp2

ptsp3